Objek Wisata Pantai Kondang Iwak Malang

Objek Wisata Pantai Kondang Iwak Malang
Pantai Kondang Iwak Malang
Objek Wisata Pantai Kondang Iwak Malang - Pantai Kondang Iwak merupakan salah satu wisata pantai yang menawarkan keindahan serta panorama alam sekitar pantai yang cukup indah, pantai ini berada di Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Objek Wisata Pantai Kondang Iwak Malang, merupakan salah satu pantai yang ada di Malang dengan segala keindahannya yang tidak kalah menarik dengan Pantai kuta di Bali. Belum banyak orang yang tahu tentang pantai ini, meski memiliki panorama alam yang indah, hal ini karena kurangnya promosi tentang Pantai Kondang Iwak Malang yang sebenarnya cukup menarik untuk dikunjungi.

Panorama Alam Pantai Kondang Iwak akan membuat takjub pengunjung yang datang. Begitu menginjakkan kaki di bibir Wisata Pantai Kondang Iwak akan merasakan panorama yang mirip sekali dengan di Pantai Kuta Bali. Dengan hamparan pasir putihnya yang bersih yang membentang luas lebih dari satu kilometer. Sebagian dari pasir putih di pantai ini bercampur dengan pasir besi hitam. Pesona alam Wisata Pantai Kondang Iwak bertambah indah dengan adanya batu karang yang berukuran besar yang sedkiti menjorok ke laut, sekitar 50 meter dari bibir pantai, Oleh masyarakat setempat pulau karang ini dinamakan Pulau Lawang.

Bagi anda yang berkunjung ke Pantai Kondang Iwak diharapkan lebih berhati-hati saat berenang, karena ombak di pantai ini cukup besar, Pantai Kondang Iwak biasanya dijadikan jalur para nelayan mencari ikan. Perahu-perahu nelayan tanpa mesin tampak berlalu-lalang di lepas pantai. Hal ini menandakan bahwa pantai ini memang tidak begitu ganas. Bahkan, di pantai ini menjadi jujugan para pemancing dari berbagai daerah di Malang.

Sejarah Pantai Kondang Iwak Malang
Menurut juru kunci Pantai Kondang Iwak, Bapak Jemakir, konon pantai ini ditemukan pertama kali oleh Mbah Iman Suwodo sekitar tahun 1920. Nama Kondang Iwak diberikan oleh Mbah Iman Suwodo karena di tepi pantai terdapat kondang (muara air tawar) yang kala itu dipenuhi beragam jenis ikan tawar. Untuk mencapai kondang tersebut pengunjung bisa berjalan menyusuri pantai ke arah barat. Kondang itu sampai sekarang pun menjadi daya tarik masyarakat karena bisa menjadi tempat berenang. Hamparan kolam di kondang ini cukup luas sepanjang 800 meter dan lebar 40 meter. Biasanya pada akhir pekan banyak pengunjung memancing ikan hingga bermalam dengan mendirikan tenda. Sayangnya ikannya tidak sebanyak dahulu, karena seringkali diambil masyarakat yang tidak bertanggung jawab dengan cara diracun.

Akses Menuju Lokasi Pantai Kondang Iwak Malang
Pantai Kondang Iwak berjarak 70 kilometer dari Kota Malang ke arah selatan. Untuk menuju Lokasi Pantai Kondang Iwak jika anda dari Kepanjen lurus saja ke arah selatan sampai di Pagak. Setelah Pasar Pagak kondisi jalan beraspal tetapi rusak dan setelah beberapa kilometer jalan berupa makadam hingga pantai. Akses jalan untuk memasuki Pantai Kondang Iwak sepanjang 3 kilometer dari perkampungan masih sulit dilalui. Jalan berupa bebatuan terjal dan sempit sehingga cukup menyulitkan perjalanan jika membawa kendaraan. Tetapi sekarang sudah lebih baik dibanding dengan dahulu. Dulu mobil sama sekali tidak dapat menjangkau Pantai Kondang Iwak. Sekarang sudah dapat dilalui kendaraan roda empat meskipun harus dengan hati-hati.

Demikian sekilas tentang Pantai Kondang Iwak Jawa Timur, segala informasi mengenai pantai ini dirangkum dari berbagai sumber. semoga ulasan mengenai pantai ini bisa menjadi referensi bagi untuk mengenal lebih dekat tentang Objek Wisata Pantai Kondang Iwak Malang. Terima kasih dan semoga bermanfaat.